Wednesday, April 24, 2013

Profil >

KOMUNITAS
SAVE EX. AIRPORT KEMAYORAN
- KMO.13




Kemayoran, yang pertama terlintas dalam benak kebanyakan setiap orang setelah mendengar kata "Kemayoran" lebih banyak tertuju akan sebuah even Pekan Raya Jakarta. Hal ini sangat erat sekali hubungannya yang disebabkan daerah tersebut lebih identik dengan penyelenggaraan even tahunan yang di pusatkan oleh Pemerintah DKI Jakarta untuk menyelenggarakan kegiatan even di Jakarta Expo Center.

Namun bagian sebagian kecil orang, kata "Kemayoran" membekaskan ingatan kita akan Bandara Kemayoran, dimana dahulunya merupakan salah satu bandar udara  terbaik di masanya.  Dari beberpa sumber daftar pustaka bacaan dan media massa penulis mendapatkan informasi bahwa Bandara Kemayoran merupakan Bandara terbaik di kawasan Timur, dan terkenal dengan kelengkapan segala alat kecanggihan yang dimilikinya. Bahkan Bandara Kemayoran pernah menjadi salah satu setting sebuah latar komik Tin - Tin yang sempat terkenal pada masanya.

Dahulu kawasan Bandar Udara kemayoran merupakan sebuah Bandar udara yang melayani penerbangan-penerbangan internasional, bahkan bandara ini pun juga mengakses jalur penerbangan domestik yang menghubungkan wilayah yang ada di kawasan Indonesia. Bandara kemayoran yang juga dapat dikatakan sebagai 'PINTU GERBANG BANGSA INDONESIA' melalui pesawat udara.

Hal ini mengingatkan kita akan sebuah kalimat besar dari seorang tokoh besar 'Bapak bangsa Indonesia,

" AGUNGKANLAH... IBU PERTIWI DAN BAPAK ANGKASA "
"......., Tanah air kita adalah tanah air kepulauan, tanah air yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang dipisahkan satu dari yang lain oleh saudara-saudara dan lautan-lautan........., Tanah air kita ini adalah ditakdirkan oleh Allah SWT terletak antara dua benua dan dua samudra. Maka bangsa yang hidup diatas tanah air yang demikian itu hanyalah bisa menjadi satu bangsa yang kuat jikalau ia jaya bukan saja dilapangan komunikasi darat, tetapi juga di lapangan komunikasi laut dan di dalam abad 20 ini dan seterusnya di lapangan komunikasi udara."
DR. Ir. Sukarno
Presiden Republik Indonesia pertama, Panglima Besar Revolusi Indonesia


Melihat sejarah dan latar belakang dari sebuah sosok bangunan tua bekas Bandara Kemayoran Jakarta tersebut, maka melalui website blog ini, kami generasi anak bangsa Indoensia dari kalangan masyarkat Kemayoran ( Team Perumus )bertujuan mengangkat sebuah citra positif bagi kawasan lingkungan bekas Bandara Kemayoran yang telah menjadi salah satu situs cagar budaya oleh pemerintah DKI Jakarta untuk tidak punah dari perkembangan jaman dan terus dapat dinikmati oleh para generasi penerus bangsa Indonesia.

"Komunitas Save Ex. Airport Kemayoran" / KMO.13 didirikan pada tanggal 26 Januari 2013.yang merupakan generasi muda Kemayoran yang menggagas berdirinya MUSEUM NASIONAL BANDARA KEMAYORAN (MNBK) di lahan bekas Gedung Terminal A dan Menara Pengawas Penerbangan (ATC) Bandara Kemayoran. Berawal dari sebuah komunitas untuk mengokohkan perjuangan akan hal ini sekarang kami telah berbadan hukum dengan nama Yayasan Museum Nasional Bandara Kemayoran, akte Notaris. No.4 tanggal 22 Oktober 2014.

Alamat Sekretariat : Jl. Kran 6 No. 23A, Rt . 009/06
Kelurahan gunung Sahari Selatan.
 Kecamatan Kemayoran.
Jakarta Pusat. Indonesia
Telp.  081210607857







1 comment:

Unknown said...

Yoi mas broh....lanjut